RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Topik : Pantun
Pertemuan
Ke : empat
Waktu : 1 X
pertemuan
A.
Kompetensi inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli, santun dan
proaktif serta menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serrta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bbangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual. Konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena edan kejadian, serta penerapan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk
memecahkan masalah.
4. Mengelola,
menalar, dan menyaji dalam ranah kogkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri yang dipelajarinya di sekiolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi dasar
dan indicator
Kompetensi
Dasar
3.1
memahami struktur pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
memahami kaidah pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
Indicator
1. Mampu
meneybutkan struktur pantun
2. Mampu
menyebutkan kaidah pantun
C.
Tujuan
pembelajaran
1. Peserta
didik mampu meneybutkan struktur pantun dengan benar
2. Peserta
didik mampu menyebutkan kaidah pantun dengan benar
D.
Materi
pembelajaran
1. Pengertian
pantun
Pantun
merupakan salah satu jenis puisi lama yang terdiri dari empat larik setiap
bait, larik pertama dan kedua merupakan sampiran, larik ketiga dan keempat
merupakan isinya dengan persajakan a – b – a – b
2. Struktur
pantun
a) Dilihat dari unsur
strukturnya, pantun dibangun atas unsur bait, baris (larik), rima, sampiran dan
isi.
b) Pantun terdiri dari
empat larik.
c) Bersajak/berima
akhir a-b-a-b
d) Pantun terdiri dari
dua bagian: dua baris pertama disebut
sampiran dan dua baris terakhir disebut isi.
e) Sampiran yang biasanya berupa sketsa alam/suasana
(mencirikan masyarakat pendukungnya) berfungsi sebagai pengantar (menyiapkan
rima dan dua baris terakhir) untuk mempermudah pemahaman isi pantun.
3. Kaidah
pantun
a) Struktur kebahasaan
pada pantun sering disebut struktur fisik.
b) Struktur fisik
pantun mencakup diksi, bahasa kiasan, imaji, dan bunyi yang terdiri atas rima
dan ritme.
E.
Pendekatan dan
metode pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : ceramah
F.
Media, alat, dan
sumber belajara
Media : proyektor
Alat : whait board, dan spidol
Sumber
: buku dan internet
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskrisi
kegiatan
|
waktu
|
Pendahuluamn
|
1. Memberikan salan salam dan menanyakan kabar
2. Memimpin do’a
3. Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan penyebab
siswa tidak hadir
4. Guru melakukan apersepsi tentang pantun
|
5
menit
|
Inti
|
1. Guru memberikan penjelasan tentang struktur dan
kaidah pantun
2. Guru membimbing siswa untuk membuat
kelompok-kelompok kecil
3. Siswa mengamati pantun yang telah diberikan oleh
guru secara kelompok
4. Siswa berdiskusi dan menganalisis bersama
kelomopoknya membahas struktur dan kaidah pantun
5. Guru menanyakan kepada siswa tentang kesulitan
yang mereka temukan dalam menganalisis struktur dan kaidah pantun
6. siswa menentukan struktur dan kaidah pantun yang
telah mereka analisis
7. siswa membacakan hasil kerjanya kepada
teman-temannya dalam satu kelas.
|
35
menit
|
penutup
|
1. Guru dan siswa melakukan refleksi
2. Guru memberikan tuigas kepada siswa
3. Guru menutup pelajaran
|
5
menit
|
H.
Penilaian
Cermatilah
teks pantun berikut!
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang.
Menangis di pintu kubur,
Teringat badan tidak sembahyang.
1. Tes
tulis
1) Sebutkan
struktur yang ada pada pantun di atas!
2) Kaidah
apa saja yang terdapat dalam pantun di atas?
2. Tugas
(PR)
Buatlah 2 (dua) buah pantun!
Indramayu, 20
April 2015
Kepala sekolah Guru
Mata pelajaran
Maknun, M.Pd Ibnu atoillah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar