Senin, 28 Maret 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Satuan Pendidikan     : SMA
Kelas/Semester                        : XI/Ganjil
Topik                                       : Pantun
Pertemuan Ke                         : empat
Waktu                                     : 1 X pertemuan

A.    Kompetensi inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli, santun dan proaktif serta menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serrta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bbangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual. Konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena edan kejadian, serta penerapan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
4.      Mengelola, menalar, dan menyaji dalam ranah kogkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekiolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar dan indicator
Kompetensi Dasar
3.1 memahami struktur pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 memahami kaidah pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
Indicator
1.      Mampu meneybutkan struktur pantun
2.      Mampu menyebutkan kaidah pantun

C.     Tujuan pembelajaran
1.      Peserta didik mampu meneybutkan struktur pantun dengan benar
2.      Peserta didik mampu menyebutkan kaidah pantun dengan benar

D.    Materi pembelajaran
1.      Pengertian pantun
Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang terdiri dari empat larik setiap bait, larik pertama dan kedua merupakan sampiran, larik ketiga dan keempat merupakan isinya dengan persajakan a – b – a – b


2.      Struktur pantun
a)      Dilihat dari unsur strukturnya, pantun dibangun atas unsur bait, baris (larik), rima, sampiran dan isi.
b)      Pantun terdiri dari empat larik.
c)      Bersajak/berima akhir a-b-a-b
d)     Pantun terdiri dari dua bagian: dua baris pertama  disebut sampiran dan dua baris terakhir disebut isi.
e)      Sampiran yang  biasanya berupa sketsa alam/suasana (mencirikan masyarakat pendukungnya) berfungsi sebagai pengantar (menyiapkan rima dan dua baris terakhir) untuk mempermudah pemahaman isi pantun.
3.      Kaidah pantun
a)      Struktur kebahasaan pada pantun sering disebut struktur fisik.
b)      Struktur fisik pantun mencakup diksi, bahasa kiasan, imaji, dan bunyi yang terdiri atas rima dan ritme.

E.     Pendekatan dan metode pembelajaran
Pendekatan     : saintifik
Metode            : ceramah

F.      Media, alat, dan sumber belajara
Media              : proyektor
Alat                 :  whait board, dan spidol
Sumber            : buku dan internet

G.    Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Deskrisi kegiatan
waktu
Pendahuluamn
1.      Memberikan salan salam dan menanyakan kabar
2.      Memimpin do’a
3.      Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan penyebab siswa tidak hadir
4.      Guru melakukan apersepsi tentang pantun
5 menit
Inti
1.      Guru memberikan penjelasan tentang struktur dan kaidah pantun
2.      Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok-kelompok kecil
3.      Siswa mengamati pantun yang telah diberikan oleh guru secara kelompok
4.      Siswa berdiskusi dan menganalisis bersama kelomopoknya membahas struktur dan kaidah pantun
5.      Guru menanyakan kepada siswa tentang kesulitan yang mereka temukan dalam menganalisis struktur dan kaidah pantun
6.      siswa menentukan struktur dan kaidah pantun yang telah mereka analisis
7.      siswa membacakan hasil kerjanya kepada teman-temannya dalam satu kelas.
35 menit
penutup
1.      Guru dan siswa melakukan refleksi
2.      Guru memberikan tuigas kepada siswa
3.      Guru menutup pelajaran
5 menit

H.    Penilaian
Cermatilah teks pantun berikut!
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang.
Menangis di pintu kubur,
Teringat badan tidak sembahyang.

1.      Tes tulis
1)      Sebutkan struktur yang ada pada pantun di atas!
2)      Kaidah apa saja yang terdapat dalam pantun di atas?
2.      Tugas (PR)
Buatlah 2 (dua) buah pantun!

Indramayu, 20 April 2015
Kepala sekolah                                          Guru Mata pelajaran



Maknun, M.Pd                                          Ibnu atoillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar